5 Kegiatan yang Sebenarnya Bisa Mengusir Malasmu Sebagai Mahasiswa. Please, Sadar dan Berkaca!

Sebagai seorang mahasiswa, pasti diributkan dengan berbagai tugas serta penelitian yang diberikan dosen. Nah kebanyakan dari mereka, lebih menghindari berbagai kegiatan-kegiatan kampus. Dengan alasan sudah lelah sama tugas-tugas kampus, dan nggak mau nambah beban lagi. Jadi rutinitas mereka hanya pergi ngampus trus pulang ke kost, begitu terus setiap harinya. Padahal di kost sendiri mereka hanya santai, bahkan cuma main game. Kebiasaan-kebiasaan seperti ini sering disebut mahasiswa kupu-kupu yang kegiatannya cuma kuliah pulang, kuliah pulang.

Katanya mau jadi generasi muda penerus bangsa, tapi kok males-malesan gitu . Daripada malesmu makin parah, mending ikuti kegiatan berikut:

1. Memulai Bisnis

bisnis sekarang

bisnis sekarang via http://www.google.com

Memulai bisnis nggak harus nunggu kalian lulus loh. Mulai dari kuliah juga malah bagus, karena proses pembelajaran itu bisa dimulai dari kapan saja. Apalagi jika kalian memulainya sejak di bangku kuliah, kalian bisa punya bisnis sendiri sebelum lulus dan nggak perlu susah-susah menebar lamaran dimana-mana. Cukup kalian memperluas dan mengembangkan bisnis yang sudah kalian rintis.

2. Gabung komunitas

Jogja Gowes

Jogja Gowes via http://www.google.com

Daripada kalian cuma nongkrong-nongkrong nggak jelas, yang isinya gosipin sana-sini. Mending kalian gabung ke komunitas. Selain nambah teman, kalian bisa saling bertukar ilmu dan informasi. Jadi kumpulnya kalian itu selalu ada manfaat yang berguna. Syukur-syukur bisa ketemu sama jodohnya juga hihi.

Lagian sekarang ini banyak komunitas yang dibentuk sesuai bidangnya masing-masing, beberapa diantaranya Akber (Akademi Berbagi), RBIB Jogja (Rumah Belajar Indonesia Bangkit), Indonesia Mengajar, Komunitas Jendela dsb. Yuk gabung sesuai passion yang kalian miliki!

3. Freelance atau kerja part time

kerja sampingan

kerja sampingan via http://www.google.com

Pengen mandiri? Yaps salah satunya dengan nyari tambahan uang jajan sendiri. Kalian bisa mencari part time atau freelance. Sekarang ini banyak kok kesempatan yang dibuka untuk mahasiswa. Jadi kalian tak perlu malu ataupun minder untuk mencobanya.

4. Menambah networking lewat volunteer event

Pasti kalian sudah nggak asing lagi sama event-event yang kebanyakan anggotanya masih mahasiswa. Ya, mereka merupakan volunteer di event itu. Mereka dibagi dibeberapa divisi, ada yang kebagian divisi konsumsi, marcom dan merchandise, media centre, sekretariat dsb. Biasanya volunteer sendiri bersifat sukarela dan tidak mendapat bayaran, tapi tak jarang juga ada yang mendapat fee, tergantung dari event yang kamu ikuti sendiri. Diluar itu kamu bisa menambah pengalaman untuk membuat event serta memperluas networking.

Published by

admin1

Aku seorang Kapiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.